Minggu, 09 November 2008

Cara Mengembalikan File dan Folder yang Disembunyikan Virus

Beberapa hari yang lalu saya pergi berinternet ria dengan tujuan untuk mendownload update terbaru AVG. Tapi apa yang saya dapat tidaklah sebanding. Saya merasa amat bingung karena flashdisk saya yang berisi data-data dan tugas sekolah saya semuanya lenyap disembunyikan virus. Tapi saat saya lihat di properties ternyata kapasitas memory yang terpakai tetap seperti masih ada isinya. Nah setelah tahu hal itu, saya simpulkan bahwa flashdisk saya telah terserang virus. Kemudian saya scan di komputer dengan AVG Free Edition + update terbarunya, akhirnya ditemukan banyak sekali virusnya, ada tiga virus yang menyerang flashdisk saya yaitu Win32/Alman ,Win32/Heur dan Win32/Virut. Namun walaupun virus telah di scan tapi data saya telah disembunyikan olehnya. Dan ternyata virus-virus itu ( seperti kebiasaan virus lokal saat ini ) menduplikasi dirinya dengan icon dan nama folder yang bersangkutan, sehingga ketika membuka folder sebenarnya menjalankan virusnya. Sedangkan folder aslinya di sembunyikan ( hidden ).

Apa boleh buat mau tidak mau saya harus buka tumpukan buku komputer yang ada dikamar saya untuk menampilkan data saya kembali.Ternyata untuk menampilkan folder yang disembunyikan, tidak cukup hanya dengan cara Folder Options > View > Show hidden files and folders, tetapi juga wajib menghilangkan check (centang) di bagian "Hide protected operating system files (Recommended)". Nah, masalahnya menu ini biasanya di hilangkan juga oleh virusnya. Dasar virus bisanya cuma bikin pusing. Tapi tenang obatnya masih ada kok.

Setelah folder ditampilkan, icon akan tampak samar-samar yang menunjukkan file/folder di-hidden jika di klik kanan > Properties, maka opsi Hidden tidak akan bisa dirubah ( karena hidden system ). Namun kasus saya kali ini berbeda, file/folder saya sama sekali tak terlihat. Tapi untung ada cara yang jitu yaitu dengan langkah berikut :

  1. Buka Command Prompt ( All Programs > Accessories > Command Prompt )

  2. Setelah membuka Window Command Prompt, biasanya akan tampil seperti ini:


C:\Documents and Settings\nama_user

  1. Kemudian ketik saja sebagai berikut

CD..

tekan enter. Kemudian ulangi langkah tersebut sampai hanya ada tampilan seperti ini :

C:\>

  1. Kemudian, cari dimana file/folder tersebut disembunyikan. Jika di drive D, maka ketik saja perintah berikut :

C:\>D:

kemudian tekan enter, sehingga akan tampil:

D:\>

  1. Setelah itu ketik perintah sebagai berikut :

ATTRIB *.* -S -H -R /S /D

Perintah itu berarti semua file dan folder di drive D yang disembunyikan akan ditampilkan.

Kemudian tekan enter dan tunggu proses yang berlangsung

Kemudian lihat hasilnya file dan folder yang telah disembunyikan telah kembali.

Nah, Semoga bermanfaat ya...

0 unek-unek:

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP